Daftar KI KD Sejarah Indonesia Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 K13 Revisi terbaru. Berbeda dengan kurikulum sebelumnya (KTSP), pada kurikulum 2013 ini terdapat pelengkap mata pelajaran wajib yang harus diajarkan di SMK, apapun kompetensi keahlian yang di ambil, yaitu mata pelajaran Sejarah Indonesia.
Tidak sanggup dipungkiri, imbas negatif globalisasi terhadap generasi muda mengharuskan pemerintah menciptakan perubahan, khususnya pada kurikulum di sekolah. Salah satunya yaitu mewajibkan mata pelajaran sejarah Indonesia di SMA/MA SMK/MAK. Walaupun hanya diajarkan di kelas 10 SMK, adanya mata pelajaran sejarah Indonesia dibutuhkan bisa untuk meningkatkan rasa nasionalisme terhadap negara Indonesia ini. Dalam pengaplikasiannya, KI KD Sejarah Indonesia dibagi menjadi 2, yaitu kompetensi inti 3 (pengetahuan), dan kompetensi inti 4 (keterampilan). Meskipun demikian, kompetensi spiritual dan sosial wajib diajarkan pada mata pelajaran sejarah indonesia, meskipun secara tidak langsung.
Adapun peraturan yang kami gunakan perihal KI KD Sejarah Indonesia Sekolah Menengah kejuruan K13 ini yaitu Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3). Peraturan ini ditetapkan mulai pada tanggal 9 Juni 2017 oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah yaitu hamid Muhammad. Peraturan tersebut sanggup anda unduh di web resmi ditpsmk, yaitu https://psmk.kemdikbud.go.id, atau anda sanggup lihat pribadi pada tamat artikel. Sudah kami siapkan dan kami lampirkan biar anda puas.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawaban, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemdiberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta enunjukkan sikap sebagai bab dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam diberinteraksi secara akibattif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertidak seimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengpenilaian perihal pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Sejarah Indonesia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bab dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami konsep dasar sejarah (berpikir kronologis, diakronik, sesuaiik, ruang dan waktu serta perubahan dan keberlanjutan)
3.2 Menganalisis kehidupan insan dan hasil-hasil budaya masyarakat Pra Aksara Indonesia
3.3 Menganalisis banyak sekali teori perihal proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat Indonesia (pemerintahan, budaya)
3.4 Menganalisis banyak sekali teori perihal proses masuknya agama dan kebudayaan Islam serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat Indonesia (ekonomi, pemerintahan, budaya)
3.5 3Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia
3.6 Menganalisis akhir politik, budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa, lahirnya pergerakan nasional dan insiden sumpah pemuda
3.7 Menganalisis insiden proklamasi kemerdekaan dan pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia, serta artinya bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan pendidikan bangsa Indonesia
3.8 Menganalisis taktik dan bentuk usaha bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari bahaya Sekutu dan Belanda
3.9 Mengpenilaian upaya bangsa indonesia dalam menghadapi bahaya disintegrasi bangsa antara lain PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI
3.10 Mengpenilaian perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan hingga dengan masa Demokrasi Terpimpin
3.11 Mengpenilaian perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Orde Baru hingga dengan awal Reformasi, serta peranan mahasiswa dan perjaka dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia
3.12 Mengpenilaian kiprah bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia antara lain KAA, Misi Garuda, Deklarasi Djuanda, Gerakan Non Blok, dan ASEAN, OKI, dan Jakarta Informal Meeting
3.13 Mengpenilaian kehidupan Bangsa Indonesia dalam membuatkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada masa kemerdekaan (sejak proklamasi hingga dengan Reformasi)
4. Melaksanakan kiprah spesifik dengan memakai alat, informasi, dan mekanisme kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan duduk kasus sesuai dengan bidang kajian Sejarah Indonesia.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan baku kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara akibattif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak ahli, menimbulkan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
4.1 Menyajikan hasil pemahaman perihal konsep dasar sejarah (berpikir kronologis, diakronik, sesuaiik, ruang dan waktu serta perubahan dan keberlanjutan)
4.2 Menyajikan isu mengenai insan dan hasil-hasil budaya khususnya masyarakat Pra Aksara Indonesia
4.3 Mengolah isu perihal banyak sekali teori masuknya agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat Indonesia (pemerintahan, budaya)
4.4 Menyajikan hasil analisis banyak sekali teori perihal proses masuknya agama dan kebudayaan Islam serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat Indonesia (ekonomi, pemerintahan, budaya)
4.5 Mengolah isu perihal proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia
4.6 Menalar akhir politik, budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa lahirnya pergerakan nasional dan insiden sumpah pemuda
4.7 Menalar insiden proklamasi kemerdekaan dan pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia, serta artinya bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan pendidikan bangsa Indonesia
4.8 Mengolah isu perihal taktik dan bentuk usaha bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari bahaya Sekutu dan Belanda
4.9 Menyajikan hasil kesimpulan perihal upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi bahaya disintegrasi bangsa antara lain PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI
4.10 Menyajikan hasil telaah perihal perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan hingga masa Demokrasi Terpimpin
4.11 Mengolah isu perihal pekembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Orde Baru hingga dengan awal Reformasi, serta peranan mahasiswa dan perjaka dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia
4.12 Menyajikan hasil telaah perihal kiprah bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia antara lain KAA, Misi Garuda, Deklarasi Djuanda, Gerakan Non Blok, dan ASEAN, OKI, dan Jakarta Informal Meeting
4.13 Membuat studi evaluasi perihal kehidupan Bangsa Indonesia dalam membuatkan ilmu pengetahuan dan teknologi di masa kemerdekaan (sejak proklamasi hingga dengan Reformasi)
KEPUTUSAN DIRJEN NOMOR 330/D.D5/KEP/KR/2017
KI KD sejarah indonesia Kurikulum 2013 revisi ini mengacu pada keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah menyerupai yang terbaru. Adapun kompetensi keahlian yang kami gunakan sebagai dasar yaitu kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Kami pikir tidak ada masalah, alasannya yaitu KI KD Sejarah Indonesia Sekolah Menengah kejuruan itu sama di tiruana jurusan. Jika anda ingin membuka KI KD kompetensi keahlian yang berbeda, silahkan kunjungi : https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/2505/kompetensi-inti-dan-kompetensi-dasar-ki-kd-smkmak
Link : Download Free KI KD Sejarah Indonesia Sekolah Menengah kejuruan K13 (Dirjen Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017)
Demikian artikel perihal daftar kompetensi inti dan kompetensi dasar Kurikulum 2013 revisi, mata pelajaran sejarah Sekolah Menengah kejuruan Kelas X. Jika anda tidak puas, atau ingin mendownload artikel ini, sanggup melalui link yang telah disediakan.
Tidak sanggup dipungkiri, imbas negatif globalisasi terhadap generasi muda mengharuskan pemerintah menciptakan perubahan, khususnya pada kurikulum di sekolah. Salah satunya yaitu mewajibkan mata pelajaran sejarah Indonesia di SMA/MA SMK/MAK. Walaupun hanya diajarkan di kelas 10 SMK, adanya mata pelajaran sejarah Indonesia dibutuhkan bisa untuk meningkatkan rasa nasionalisme terhadap negara Indonesia ini. Dalam pengaplikasiannya, KI KD Sejarah Indonesia dibagi menjadi 2, yaitu kompetensi inti 3 (pengetahuan), dan kompetensi inti 4 (keterampilan). Meskipun demikian, kompetensi spiritual dan sosial wajib diajarkan pada mata pelajaran sejarah indonesia, meskipun secara tidak langsung.
Adapun peraturan yang kami gunakan perihal KI KD Sejarah Indonesia Sekolah Menengah kejuruan K13 ini yaitu Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3). Peraturan ini ditetapkan mulai pada tanggal 9 Juni 2017 oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah yaitu hamid Muhammad. Peraturan tersebut sanggup anda unduh di web resmi ditpsmk, yaitu https://psmk.kemdikbud.go.id, atau anda sanggup lihat pribadi pada tamat artikel. Sudah kami siapkan dan kami lampirkan biar anda puas.
KI KD Sejarah Indonesia Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Revisi
Tujuan kurikulum meliputi empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawaban, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemdiberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta enunjukkan sikap sebagai bab dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam diberinteraksi secara akibattif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertidak seimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KI KD SEJARAH INDONESIA Sekolah Menengah kejuruan K13 KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Dalam kompetensi dasar pengetahuan, mata pelajaran sejarah indonesia terdiri dari 13 kompetensi yang harus diajarkan selama kelas 10 (1 tahun).3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengpenilaian perihal pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Sejarah Indonesia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bab dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami konsep dasar sejarah (berpikir kronologis, diakronik, sesuaiik, ruang dan waktu serta perubahan dan keberlanjutan)
3.2 Menganalisis kehidupan insan dan hasil-hasil budaya masyarakat Pra Aksara Indonesia
3.3 Menganalisis banyak sekali teori perihal proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat Indonesia (pemerintahan, budaya)
3.4 Menganalisis banyak sekali teori perihal proses masuknya agama dan kebudayaan Islam serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat Indonesia (ekonomi, pemerintahan, budaya)
3.5 3Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia
3.6 Menganalisis akhir politik, budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa, lahirnya pergerakan nasional dan insiden sumpah pemuda
3.7 Menganalisis insiden proklamasi kemerdekaan dan pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia, serta artinya bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan pendidikan bangsa Indonesia
3.8 Menganalisis taktik dan bentuk usaha bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari bahaya Sekutu dan Belanda
3.9 Mengpenilaian upaya bangsa indonesia dalam menghadapi bahaya disintegrasi bangsa antara lain PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI
3.10 Mengpenilaian perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan hingga dengan masa Demokrasi Terpimpin
3.11 Mengpenilaian perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Orde Baru hingga dengan awal Reformasi, serta peranan mahasiswa dan perjaka dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia
3.12 Mengpenilaian kiprah bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia antara lain KAA, Misi Garuda, Deklarasi Djuanda, Gerakan Non Blok, dan ASEAN, OKI, dan Jakarta Informal Meeting
3.13 Mengpenilaian kehidupan Bangsa Indonesia dalam membuatkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada masa kemerdekaan (sejak proklamasi hingga dengan Reformasi)
KI KD SEJARAH INDONESIA Sekolah Menengah kejuruan K13 KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
KI KD kompetensi keterampilan mapel sejarah indonesia memiliki jumlah dan urutan yang sama dengan kompetensi pengetahuan. Hal ini menunjukkan bahwa penyampaian kompetensi pengetahuan harus bebarengan dengan kompetensi keterampilan.4. Melaksanakan kiprah spesifik dengan memakai alat, informasi, dan mekanisme kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan duduk kasus sesuai dengan bidang kajian Sejarah Indonesia.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan baku kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara akibattif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak ahli, menimbulkan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
4.1 Menyajikan hasil pemahaman perihal konsep dasar sejarah (berpikir kronologis, diakronik, sesuaiik, ruang dan waktu serta perubahan dan keberlanjutan)
4.2 Menyajikan isu mengenai insan dan hasil-hasil budaya khususnya masyarakat Pra Aksara Indonesia
4.3 Mengolah isu perihal banyak sekali teori masuknya agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat Indonesia (pemerintahan, budaya)
4.4 Menyajikan hasil analisis banyak sekali teori perihal proses masuknya agama dan kebudayaan Islam serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat Indonesia (ekonomi, pemerintahan, budaya)
4.5 Mengolah isu perihal proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia
4.6 Menalar akhir politik, budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa lahirnya pergerakan nasional dan insiden sumpah pemuda
4.7 Menalar insiden proklamasi kemerdekaan dan pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia, serta artinya bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan pendidikan bangsa Indonesia
4.8 Mengolah isu perihal taktik dan bentuk usaha bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari bahaya Sekutu dan Belanda
4.9 Menyajikan hasil kesimpulan perihal upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi bahaya disintegrasi bangsa antara lain PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI
4.10 Menyajikan hasil telaah perihal perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan hingga masa Demokrasi Terpimpin
4.11 Mengolah isu perihal pekembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Orde Baru hingga dengan awal Reformasi, serta peranan mahasiswa dan perjaka dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia
4.12 Menyajikan hasil telaah perihal kiprah bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia antara lain KAA, Misi Garuda, Deklarasi Djuanda, Gerakan Non Blok, dan ASEAN, OKI, dan Jakarta Informal Meeting
4.13 Membuat studi evaluasi perihal kehidupan Bangsa Indonesia dalam membuatkan ilmu pengetahuan dan teknologi di masa kemerdekaan (sejak proklamasi hingga dengan Reformasi)
KEPUTUSAN DIRJEN NOMOR 330/D.D5/KEP/KR/2017
KI KD sejarah indonesia Kurikulum 2013 revisi ini mengacu pada keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah menyerupai yang terbaru. Adapun kompetensi keahlian yang kami gunakan sebagai dasar yaitu kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Kami pikir tidak ada masalah, alasannya yaitu KI KD Sejarah Indonesia Sekolah Menengah kejuruan itu sama di tiruana jurusan. Jika anda ingin membuka KI KD kompetensi keahlian yang berbeda, silahkan kunjungi : https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/2505/kompetensi-inti-dan-kompetensi-dasar-ki-kd-smkmak
Link : Download Free KI KD Sejarah Indonesia Sekolah Menengah kejuruan K13 (Dirjen Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017)
Demikian artikel perihal daftar kompetensi inti dan kompetensi dasar Kurikulum 2013 revisi, mata pelajaran sejarah Sekolah Menengah kejuruan Kelas X. Jika anda tidak puas, atau ingin mendownload artikel ini, sanggup melalui link yang telah disediakan.
Advertisement