Daftar KI KD Matematika MTK Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 K13 Revisi terbaru. Matematika ialah salah satu mata pelajaran yang memiliki perubahan signifikan dalam kurikulum 2013 revisi ini. Salah satu perubahannya yaitu nampak dalam hal pembagian Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI KD). Jika pada KTSP, matematika dibagi menjadi beberapa golongan, yaitu matematika teknik, matematika pariwisata, dan matematika akuntansi. Nah, untuk matematika Kurikulum 2013 revisi ini hanya ada satu matematika saja. Kaprikornus tiruana kelompok Sekolah Menengah kejuruan memakai kompetensi yang sama pada mata pelajaran Matematika.
Untuk itu lah, kali ini kami akan membagikan daftar KI KD Matematika Sekolah Menengah kejuruan K13 revisi dengan peraturan atau dasar aturan yang terbaru. Dasar aturan yang kami gunakan dalam artikel perihal KI KD Matematika Sekolah Menengah kejuruan ini yaitu Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017 perihal Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3). Peraturan ini ditetapkan mulai pada tanggal 9 Juni 2017 oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah yaitu hamid Muhammad.
Keputusan Dirjen Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017 sanggup anda unduh di web resmi ditpsmk, yaitu https://psmk.kemdikbud.go.id, atau anda sanggup lihat eksklusif pada simpulan artikel. Sudah kami siapkan dan kami lampirkan semoga anda puas. Dalam KI KD matematika ini, setidaknya ada 34 kompetensi dasar. Jumlah kompetensi dasar tersebut dipelajari mulai dari kelas 10, 11, dan 12. Untuk pembagian kompetensi dasar per kelas, menyesuaikan guru yang mengajar. Keluwesan pemilihan KD ini menjadi laba tersendiri bagi guru, terutama dalam mengajar di sekolah.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-tpendapat, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemmemberikanan nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta memperlihatkan sikap sebagai bab dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam memberikannteraksi secara dampak dan imbastif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai perberat sebelahan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI DASAR
3.1 Menerapkan konsep bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma dalam menuntaskan masalah
3.2 Menerapkan persamaan dan pertidaksamaan evaluasi mutlak bentuk linear satu variabel
3.3 Menentukan evaluasi variabel pada sistem persamaan linear dua variabel dalam problem kontekstual
3.4 Menentukan evaluasi maksimum dan minimum permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan aktivitas linear dua variabel
3.5 Menganalisis barisan dan deret aritmnorma dan sopan santun
3.6 Menganalisis barisan dan deret geometri
3.7 Menganalisis pertumbuhan, peluruhan, bunga dan anuitas
3.8 Menentukan perbandingan trigonometri pada segitiga siku- siku
3.9 Menentukan evaluasi sudut berelasi diberbagai kuadran
3.10 Menentukan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya
3.11 Menerapkan evaluasi perbandingan trigonometri pada grafik fungsi trigonometri
3.12 Menerapkan aturan sinus dan kosinus
3.13 Menentukan luas segitiga pada trigonometri
3.14 Menganalisis evaluasi sudut dengan rumus jumlah dan selisih dua sudut
3.15 Menerapkan operasi matriks dalam menyelesaiakan problem yang berkaitan dengan matriks
3.16 Menetukan evaluasi determinan, invers dan tranpos pada ordo 2 x 2 dan evaluasi determinan dan tranpos pada ordo 3 x 3
3.17 Menentukan evaluasi besaran vektor pada dimensi dua
3.18 Menentukan evaluasi besaran vektor pada dimensi tiga
3.19 Menentukan evaluasi variabel pada persamaan dan fungsi kuadrat
3.20 Menganalisis operasi komposisi dan operasi invers pada fungsi
3.21 Menentukan persamaan lingkaran
3.22 Menganalisis problem kontekstual yang berkaitan dengan logika matematika (pernyataan sederhana, negasi pernyataan sederhana, pernyataan majemuk, negasi pernyataan beragam dan penarikan kesimpulan)
3.23 Menganalisis titik, garis dan bidang pada geometri dimensi tiga
3.24 Menetukan problem kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri
3.25 Menganalisis kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi pada problem kontekstual
3.26 Menentukan peluang kejadian
3.27 Mengmemperbaiki kajian statistika dalam problem kontekstual
3.28 Menganalisis ukuran pemusatan data tunggal dan data kelompok
3.29 Menganalisis ukuran penyebaran data tunggal dan data kelompok
3.30 Menentukan evaluasi limit fungsi aljabar
3.31 Menentukan turunan fungsi aljabar memakai definisi limit fungsi atau sifat – sifat turunan fungsi serta penerapannya
3.32 Menganalisis keberkaitan turunan pertama fungsi dengan evaluasi maksimum, evaluasi minimum, dan selang keterus menerusan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva
3.33 Menentukan evaluasi integral tak tentu dan tertentu fungsi aljabar
3.34 Menentukan luas permukaan dan volume benda putar dengan memakai integral tertentu
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan sesuai ketentuan kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara dampak dan imbastif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak sangat hebat, menyebabkan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
4.1 Menyajikan penyelesaian problem bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma
4.2 Menyajikan penyelesaian problem yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan evaluasi mutlak bentuk linear satu variabel
4.3 Menyelesaikan problem sistem persamaan linier dua variabel
4.4 Menyelesaikan problem kontekstual yang berkaitan dengan aktivitas linear dua variabel
4.5 Menyelesaikan problem kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika
4.6 Menyelesaikan problem kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret geometri
4.7 Menyelesaiakan problem kontekstual yang berkaitan dengan pertumbuhan, peluruhan, bunga dan anuitas
4.8 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan perbandingan trigonometri pada segitiga siku- siku
4.9 Menyelesaikan problem evaluasi sudut berelasi diberbagai kuadran
4.10 Menyelesaikan problem perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya
4.11 Menyajikan grafik fungsi trigonometri
4.12 Menyelesaikan permasalah kontekstual dengan aturan sinus dan kosinus
4.13 Menyelesaikan problem kontekstual yang berkaitan dengan luas segitiga pada trigonometri
4.14 Menyelesaikan evaluasi penilaian sudut dengan rumus jumlah dan selisih dua sudut
4.15 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan matriks
4.16 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan determinan, invers dan tranpose pada ordo 2 x 2 serta evaluasi determinan dan tranpos pada ordo 3 x 3
4.17 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan evaluasi besaran vektor pada dimensi dua
4.18 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan evaluasi besaran vektor pada dimensi tiga
4.19 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat
4.20 Menyelesaikan problem operasi komposisi dan operasi invers pada fungsi
4.21 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan persamaan lingkaran
4.22 Menyelesaikan problem kontekstual yang berkaitan dengan logika matematika (pernyataan sederhana, negasi pernyataan sederhana, pernyataan beragam , negasi pernyataan beragam dan penarikan kesimpulan )
4.23 Menyajikan penyelesaian problem yang berkaitan dengan jarak antara titik ke titik, titik ke garis dan garis ke bidang pada geometri dimensi tiga
4.24 Menyelesaikan problem kontekstual kontekstual yang
4.25 Menyajikan penyelesaian problem kontekstual berkaitan dengan kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi
4.26 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan peluang kejadian
4.27 Menyelesaikan problem kontekstual yang berkaitan dengan kajian statistika
4.28 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan ukuran pemusatan data tunggal dan data kelompok
4.29 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan ukuran penyebaran data tunggal dan data kelompok
4.30 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan limit fungsi aljabar
4.31 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar
4.32 Menyelesaikan problem kontekstual yang berkaitan dengan turunan pertama fungsi aljabar
4.33 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan integral tak tentu dan tertentu fungsi aljabar
4.34 Menyelesaikan problem luas permukaan dan volume benda putar dengan memakai integral tertentu
KEPUTUSAN DIRJEN NOMOR 330/D.D5/KEP/KR/2017
Dasar aturan perihal KI KD Kurikulum 2013 revisi mata pelajaran matematika ini mengacu pada keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah terbaru. Adapun kompetensi keahlian yang kami lampirkan yaitu kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Kami pikir tidak ada masalah, alasannya ialah KI KD Matematika itu sama di tiruana jurusan.
Link : Download Gratis KI KD Matematika Sekolah Menengah kejuruan K13 Revisi (Dirjen Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017)
Demikian artikel perihal daftar kompetensi inti dan kompetensi dasar Kurikulum 2013 revisi, mata pelajaran matematika MTK Sekolah Menengah kejuruan Kelas X, XI, dan XII. Jika anda tidak puas, atau ingin mendownload artikel ini, sanggup melalui link yang telah disediakan.
Untuk itu lah, kali ini kami akan membagikan daftar KI KD Matematika Sekolah Menengah kejuruan K13 revisi dengan peraturan atau dasar aturan yang terbaru. Dasar aturan yang kami gunakan dalam artikel perihal KI KD Matematika Sekolah Menengah kejuruan ini yaitu Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017 perihal Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3). Peraturan ini ditetapkan mulai pada tanggal 9 Juni 2017 oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah yaitu hamid Muhammad.
Keputusan Dirjen Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017 sanggup anda unduh di web resmi ditpsmk, yaitu https://psmk.kemdikbud.go.id, atau anda sanggup lihat eksklusif pada simpulan artikel. Sudah kami siapkan dan kami lampirkan semoga anda puas. Dalam KI KD matematika ini, setidaknya ada 34 kompetensi dasar. Jumlah kompetensi dasar tersebut dipelajari mulai dari kelas 10, 11, dan 12. Untuk pembagian kompetensi dasar per kelas, menyesuaikan guru yang mengajar. Keluwesan pemilihan KD ini menjadi laba tersendiri bagi guru, terutama dalam mengajar di sekolah.
KI KD Matematika MTK Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Revisi
Tujuan kurikulum meliputi empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-tpendapat, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemmemberikanan nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta memperlihatkan sikap sebagai bab dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam memberikannteraksi secara dampak dan imbastif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai perberat sebelahan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KI KD Matematika MTK Sekolah Menengah kejuruan K13 Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengmemperbaiki perihal pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Matematika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bab dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.KOMPETENSI DASAR
3.1 Menerapkan konsep bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma dalam menuntaskan masalah
3.2 Menerapkan persamaan dan pertidaksamaan evaluasi mutlak bentuk linear satu variabel
3.3 Menentukan evaluasi variabel pada sistem persamaan linear dua variabel dalam problem kontekstual
3.4 Menentukan evaluasi maksimum dan minimum permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan aktivitas linear dua variabel
3.5 Menganalisis barisan dan deret aritmnorma dan sopan santun
3.6 Menganalisis barisan dan deret geometri
3.7 Menganalisis pertumbuhan, peluruhan, bunga dan anuitas
3.8 Menentukan perbandingan trigonometri pada segitiga siku- siku
3.9 Menentukan evaluasi sudut berelasi diberbagai kuadran
3.10 Menentukan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya
3.11 Menerapkan evaluasi perbandingan trigonometri pada grafik fungsi trigonometri
3.12 Menerapkan aturan sinus dan kosinus
3.13 Menentukan luas segitiga pada trigonometri
3.14 Menganalisis evaluasi sudut dengan rumus jumlah dan selisih dua sudut
3.15 Menerapkan operasi matriks dalam menyelesaiakan problem yang berkaitan dengan matriks
3.16 Menetukan evaluasi determinan, invers dan tranpos pada ordo 2 x 2 dan evaluasi determinan dan tranpos pada ordo 3 x 3
3.17 Menentukan evaluasi besaran vektor pada dimensi dua
3.18 Menentukan evaluasi besaran vektor pada dimensi tiga
3.19 Menentukan evaluasi variabel pada persamaan dan fungsi kuadrat
3.20 Menganalisis operasi komposisi dan operasi invers pada fungsi
3.21 Menentukan persamaan lingkaran
3.22 Menganalisis problem kontekstual yang berkaitan dengan logika matematika (pernyataan sederhana, negasi pernyataan sederhana, pernyataan majemuk, negasi pernyataan beragam dan penarikan kesimpulan)
3.23 Menganalisis titik, garis dan bidang pada geometri dimensi tiga
3.24 Menetukan problem kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri
3.25 Menganalisis kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi pada problem kontekstual
3.26 Menentukan peluang kejadian
3.27 Mengmemperbaiki kajian statistika dalam problem kontekstual
3.28 Menganalisis ukuran pemusatan data tunggal dan data kelompok
3.29 Menganalisis ukuran penyebaran data tunggal dan data kelompok
3.30 Menentukan evaluasi limit fungsi aljabar
3.31 Menentukan turunan fungsi aljabar memakai definisi limit fungsi atau sifat – sifat turunan fungsi serta penerapannya
3.32 Menganalisis keberkaitan turunan pertama fungsi dengan evaluasi maksimum, evaluasi minimum, dan selang keterus menerusan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva
3.33 Menentukan evaluasi integral tak tentu dan tertentu fungsi aljabar
3.34 Menentukan luas permukaan dan volume benda putar dengan memakai integral tertentu
KI KD Matematika MTK Sekolah Menengah kejuruan K13 Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)
4. Melaksanakan kiprah spesifik dengan memakai alat, informasi, dan mekanisme kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan problem sesuai dengan bidang kajian Matematika`Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan sesuai ketentuan kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara dampak dan imbastif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak sangat hebat, menyebabkan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
4.1 Menyajikan penyelesaian problem bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma
4.2 Menyajikan penyelesaian problem yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan evaluasi mutlak bentuk linear satu variabel
4.3 Menyelesaikan problem sistem persamaan linier dua variabel
4.4 Menyelesaikan problem kontekstual yang berkaitan dengan aktivitas linear dua variabel
4.5 Menyelesaikan problem kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika
4.6 Menyelesaikan problem kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret geometri
4.7 Menyelesaiakan problem kontekstual yang berkaitan dengan pertumbuhan, peluruhan, bunga dan anuitas
4.8 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan perbandingan trigonometri pada segitiga siku- siku
4.9 Menyelesaikan problem evaluasi sudut berelasi diberbagai kuadran
4.10 Menyelesaikan problem perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya
4.11 Menyajikan grafik fungsi trigonometri
4.12 Menyelesaikan permasalah kontekstual dengan aturan sinus dan kosinus
4.13 Menyelesaikan problem kontekstual yang berkaitan dengan luas segitiga pada trigonometri
4.14 Menyelesaikan evaluasi penilaian sudut dengan rumus jumlah dan selisih dua sudut
4.15 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan matriks
4.16 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan determinan, invers dan tranpose pada ordo 2 x 2 serta evaluasi determinan dan tranpos pada ordo 3 x 3
4.17 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan evaluasi besaran vektor pada dimensi dua
4.18 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan evaluasi besaran vektor pada dimensi tiga
4.19 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat
4.20 Menyelesaikan problem operasi komposisi dan operasi invers pada fungsi
4.21 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan persamaan lingkaran
4.22 Menyelesaikan problem kontekstual yang berkaitan dengan logika matematika (pernyataan sederhana, negasi pernyataan sederhana, pernyataan beragam , negasi pernyataan beragam dan penarikan kesimpulan )
4.23 Menyajikan penyelesaian problem yang berkaitan dengan jarak antara titik ke titik, titik ke garis dan garis ke bidang pada geometri dimensi tiga
4.24 Menyelesaikan problem kontekstual kontekstual yang
4.25 Menyajikan penyelesaian problem kontekstual berkaitan dengan kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi
4.26 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan peluang kejadian
4.27 Menyelesaikan problem kontekstual yang berkaitan dengan kajian statistika
4.28 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan ukuran pemusatan data tunggal dan data kelompok
4.29 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan ukuran penyebaran data tunggal dan data kelompok
4.30 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan limit fungsi aljabar
4.31 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar
4.32 Menyelesaikan problem kontekstual yang berkaitan dengan turunan pertama fungsi aljabar
4.33 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan integral tak tentu dan tertentu fungsi aljabar
4.34 Menyelesaikan problem luas permukaan dan volume benda putar dengan memakai integral tertentu
KEPUTUSAN DIRJEN NOMOR 330/D.D5/KEP/KR/2017
Dasar aturan perihal KI KD Kurikulum 2013 revisi mata pelajaran matematika ini mengacu pada keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah terbaru. Adapun kompetensi keahlian yang kami lampirkan yaitu kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Kami pikir tidak ada masalah, alasannya ialah KI KD Matematika itu sama di tiruana jurusan.
Link : Download Gratis KI KD Matematika Sekolah Menengah kejuruan K13 Revisi (Dirjen Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017)
Demikian artikel perihal daftar kompetensi inti dan kompetensi dasar Kurikulum 2013 revisi, mata pelajaran matematika MTK Sekolah Menengah kejuruan Kelas X, XI, dan XII. Jika anda tidak puas, atau ingin mendownload artikel ini, sanggup melalui link yang telah disediakan.
Advertisement