Daftar KI KD Bahasa Indonesia Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 K13 Revisi Terbaru. Masih menyerupai tahun-tahun sebelumnya, pada tahun pelajaran 2018/2019, pemerintah memberlakukan kurikulum 2013 revisi untuk dipakai di satuan pendidika (sekolah). Khusus untuk jenjang SMK, ada sedikit perubahan, khususnya berkaitan dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI KD) pada mata pelajaran.
Lantas, apa saja perubahan KI KD mata pelajaran SMK? Kali ini kami akan membagikan KI KD salah satu pelajaran muatan nasional (A) Sekolah Menengah kejuruan adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10, 11, dan 12. Jika beberapa waktu yang lalu, ada surat yang beredar bahwa KI KD Bahasa Indonesia Sekolah Menengah kejuruan sama dengan KI KD Bahasan Indonesia SMA/MA. Untuk tahun 2018 ini, khusus Sekolah Menengah kejuruan memakai dasar aturan yang berbeda dengan SMK. Jadi, untuk tahu apakah KI KD bahasa Indonesia antara Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan itu sama atau tidak, diberikut ini rinciannya.
Dasar aturan yang kami gunakan dalam artikel wacana KI KD Bahasa Indonesia Sekolah Menengah kejuruan K13 ini adalah Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017 wacana Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3). Peraturan ini ditetapkan mulai pada tanggal 9 Juni 2017 oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah adalah hamid Muhammad.
Keputusan Dirjen Pendidikan tersebut merupakan dasar aturan yang paling gres yang bisa kita gunakan untuk kebutuhan pendidikan, khususnya aktivitas mengajar di kelas. Meskipun di luar sana ada banyak sekali KI KD kurikulum 2013 revisi yang dibagikan, untuk artikel ini kami susun menurut dasar aturan yang jelas. Keputusan Dirjen Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017 sanggup anda unduh di web resmi ditpsmk, adalah https://psmk.kemdikbud.go.id, atau anda sanggup lihat pribadi pada tamat artikel. Sudah kami siapkan dan kami lampirkan biar anda puas.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawaban, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemdiberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta mengatakan sikap sebagai belahan dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam diberinteraksi secara akibattif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertidak seimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dipresentasikan dengan verbal dan tulis
3.2 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.3 Mendeskripsikan(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang didengar dan atau dibaca
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.5 Menganalisis teks anekdot dari aspek arti tersirat
3.6 Mengpenilaian struktur dan kebahasaan teks anekdot
3.7 Mendeskripsikan skor-skor dan isi yang terkandung dalam dongeng rakyat (hikayat) baik verbal maupun tulis
3.8 Membandingkan skor-skor dan kebahasaan dongeng rakyat dan cerpen
3.9 Menguraikan butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel
3.10 Menganalisis pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks perundingan berkaitan dengan bidang pekerjaan verbal maupun tertulis
3.11 Mengpenilaian isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks perundingan berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.12 Menganalisis permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan dari debat berkaitan dengan bidang pekerjaan untuk menemukan esensi dari debat
3.13 Menganalisis isi debat berkaitan dengan bidang pekerjaan (permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan)
3.14 Menganalisis butir-butir penting yang sanggup diteladani dari teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.15 Menganalisis aspek arti dan kebahasaan dalam teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.16 Menganalisis suasana, tema, dan arti beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca
3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi
3.18 Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca
3.19 Menganalisis informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.20 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks mekanisme berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.21 Menganalisis informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan verbal dan tulis
3.22 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.23 Menganalisis informasi berupa permasalahan faktual yang disajikan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.24 Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.25 Mendeskripsikan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca
3.26 Menemukan butir-butir penting dari dua buku pengayaan berkaitan dengan bidang pekerjaan (nonfiksi) yang dibaca
3.27 Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
3.28 Mendeskripsikan informasi penting yang ada dalam proposal aktivitas atau penelitian berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.29 Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.30 Menganalisis informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca
3.31 Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.32 Membandingkan isi aneka macam resensi berkaitan dengan bidang pekerjaan untuk menemukan sistematika sebuah resensi
3.33 Menganalisis kebahasaan resensi dalam kumpulan cerpen atau novel setidaknya dua karya yang berbeda
3.34 Menganalisis alur cerita, babak demi babak, dan konflik dalam drama yang dibaca atau ditonton
3.35 Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton
3.36 Menganalisis pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca
3.37 Mendeskripsikan isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca
3.38 Menganalisis unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
3.39 Menganalisis informasi, yang meliputi orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam dongeng sejarah verbal atau tulis
3.40 Menganalisis kebahasaan dongeng atau novel sejarah
3.41 Mendeskripsikan informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.42 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.43 Meskor isi dua buku fiksi (kumpulan dongeng pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
3.44 Menganalisis isi teks iklan sesuai bidang pekerjaan
3.45 Menganalisis struktur dan ciri kebahasaan teks iklan sesuai bidang pekerjaan
3.46 Mengpenilaian informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca
3.47 Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.48 Mendeskripsikan isi dan sistematika surat dinas berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.49 Menganalisis unsur kebahasaan surat dinas yang sesuai bidang pekerjaan
3.50 Menganalisis skor-skor yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan baku kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara akibattif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak ahli, mengakibatkan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
4.1 Menyajikan isi teks (intisari) laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan menurut interpretasi baik secara verbal maupun tulis
4.2 Mengonstruksikan teks laporan observasi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik verbal maupun tulis
4.3 Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara verbal dan/tulis
4.4 Mengonstruksikan teks eksposisi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan
4.5 Mengonstruksi arti tersirat dalam sebuah teks anekdot baik verbal maupun tulis
4.6 Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik verbal maupun tulis.
4.7 Menceritakan kembali isi dongeng rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca
4.8 Mengembangkan dongeng rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan skor-skor
4.9 Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca
4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan epilog dalam teks perundingan berkaitan dengan bidang pekerjaan secara verbal atau tulis
4.11 Mengonstruksikan teks perundingan berkaitan dengan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan
4.12 Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat berkaitan dengan bidang pekerjaan secara verbal untuk mengatakan esensi dari debat
4.13 Mengembangkan permasalahan/ gosip dari aneka macam sudut pandang yang dikompliti argumen dalam berdebat berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.14 Menyajikan hal-hal yang sanggup diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca secara tertulis
4.15 Membuat teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan baik verbal maupun tulis
4.16 Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)
4.17 Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan)
4.18 Menyajikan replikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi
4.19 Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme berkaitan bidang pekerjaan dengan organisasi yang sempurna secara verbal dan tulis
4.20 Mengembangkan teks mekanisme berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan
4.21 Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara verbal dan tulis
4.22 Memproduksi teks eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara verbal atau tulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
4.23 Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan faktual sebagai materi untuk disajikan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.24 Mengonstruksi ceramah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan memakai struktur yang tepat
4.25 Menyajikan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.26 Menyajikan persamaan dan perbedaan isi dua buku pengayaan berkaitan dengan bidang pekerjaan (nonfiksi) yang dibaca
4.27 Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
4.28 Mekompliti informasi dalam proposal berkaitan dengan bidang pekerjaan supaya lebih akibattif
4.29 Merancang sebuah proposal karya ilmiah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan
4.30 Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.31 Mengonstruksi sebuah karya ilmiah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan
4.32 Menyajikan isi sebuah resensi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi
4.33 Mengkonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan dongeng pendek atau novel yang sudah dibaca
4.34 Mempertunjukkan salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau ditonton secara lisan
4.35 Mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan
4.36 Menyusun ulasan terhadap pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dikaitkan dengan situasi kekinian
4.37 Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara verbal maupun tulis
4.38 Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan
4.39 Mengonstruksi skor-skor dari informasi dongeng sejarah dalam sebuah teks eksplanasi
4.40 Menulis dongeng sejarah pribadi dengan memerhatikan kebahasaan
4.41 Menyeleksi ragam informasi sebagai materi teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan baik secara verbal maupun tulis
4.42 Merancang teks editorial berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara verbal maupun tulis
4.43 Menyusun laporan hasil diskusi buku wacana satu topik baik secara verbal maupun tulis
4.44 Mengonstruksi arti dan tujuan isi teks iklan sesuai bidang pekerjaan
4.45 Menyusun teks iklan sesuai bidang pekerjaan dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara verbal maupun tulis
4.46 Menyusun opini dalam bentuk artikel berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.47 Mengonstruksi sebuah artikel berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan
4.48 Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat dinas berkaitan dengan bidang pekerjaan baik secara verbal maupun tulis
4.49 Menyusun surat dinas yang berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan
4.50 Menulis refleksi wacana skor-skor yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)
KEPUTUSAN DIRJEN NOMOR 330/D.D5/KEP/KR/2017
Dasar aturan wacana KI KD Kurikulum 2013 revisi ini mengacu pada keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah menyerupai yang kami lampirkan diberikut ini. Adapun kompetensi keahlian yang kami gunakan sebagai dasar adalah kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Kami pikir tidak ada masalah, sebab KI KD PPKN Sekolah Menengah kejuruan itu sama di tiruana jurusan.
Link : Download Free KI KD Bahasa Indonesia Sekolah Menengah kejuruan K13 (Dirjen Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017)
Demikian artikel wacana daftar kompetensi inti dan kompetensi dasar Kurikulum 2013 revisi, mata pelajaran bahasa Indonesia Sekolah Menengah kejuruan Kelas X, XI, dan XII. Jika anda tidak puas, atau ingin mendownload artikel ini, sanggup melalui link yang telah disediakan.
Lantas, apa saja perubahan KI KD mata pelajaran SMK? Kali ini kami akan membagikan KI KD salah satu pelajaran muatan nasional (A) Sekolah Menengah kejuruan adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10, 11, dan 12. Jika beberapa waktu yang lalu, ada surat yang beredar bahwa KI KD Bahasa Indonesia Sekolah Menengah kejuruan sama dengan KI KD Bahasan Indonesia SMA/MA. Untuk tahun 2018 ini, khusus Sekolah Menengah kejuruan memakai dasar aturan yang berbeda dengan SMK. Jadi, untuk tahu apakah KI KD bahasa Indonesia antara Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan itu sama atau tidak, diberikut ini rinciannya.
Dasar aturan yang kami gunakan dalam artikel wacana KI KD Bahasa Indonesia Sekolah Menengah kejuruan K13 ini adalah Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017 wacana Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3). Peraturan ini ditetapkan mulai pada tanggal 9 Juni 2017 oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah adalah hamid Muhammad.
Keputusan Dirjen Pendidikan tersebut merupakan dasar aturan yang paling gres yang bisa kita gunakan untuk kebutuhan pendidikan, khususnya aktivitas mengajar di kelas. Meskipun di luar sana ada banyak sekali KI KD kurikulum 2013 revisi yang dibagikan, untuk artikel ini kami susun menurut dasar aturan yang jelas. Keputusan Dirjen Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017 sanggup anda unduh di web resmi ditpsmk, adalah https://psmk.kemdikbud.go.id, atau anda sanggup lihat pribadi pada tamat artikel. Sudah kami siapkan dan kami lampirkan biar anda puas.
KI KD Pelajaran Bahasan Indonesia Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Revisi
Ada perbedaan antara KI KD mata pelajaran Bahasan Indonesia Kurikulum 2013 revisi dan kurikulum 2013 sebelumnya. Perbedaan KI KD tersebut terletak pada tidak adanya Kompetensi Inti 1 (Sikap Spiritual), dan Kompetensi Inti 2 (Sikap Sosial). Tujuan kurikulum meliputi empat aspek kompetensi, adalah (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawaban, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemdiberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta mengatakan sikap sebagai belahan dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam diberinteraksi secara akibattif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertidak seimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KI KD BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah kejuruan K13 KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengpenilaian wacana pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian bahasa Indonesia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai belahan dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dipresentasikan dengan verbal dan tulis
3.2 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.3 Mendeskripsikan(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang didengar dan atau dibaca
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.5 Menganalisis teks anekdot dari aspek arti tersirat
3.6 Mengpenilaian struktur dan kebahasaan teks anekdot
3.7 Mendeskripsikan skor-skor dan isi yang terkandung dalam dongeng rakyat (hikayat) baik verbal maupun tulis
3.8 Membandingkan skor-skor dan kebahasaan dongeng rakyat dan cerpen
3.9 Menguraikan butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel
3.10 Menganalisis pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks perundingan berkaitan dengan bidang pekerjaan verbal maupun tertulis
3.11 Mengpenilaian isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks perundingan berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.12 Menganalisis permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan dari debat berkaitan dengan bidang pekerjaan untuk menemukan esensi dari debat
3.13 Menganalisis isi debat berkaitan dengan bidang pekerjaan (permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan)
3.14 Menganalisis butir-butir penting yang sanggup diteladani dari teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.15 Menganalisis aspek arti dan kebahasaan dalam teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.16 Menganalisis suasana, tema, dan arti beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca
3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi
3.18 Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca
3.19 Menganalisis informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.20 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks mekanisme berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.21 Menganalisis informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan verbal dan tulis
3.22 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.23 Menganalisis informasi berupa permasalahan faktual yang disajikan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.24 Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.25 Mendeskripsikan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca
3.26 Menemukan butir-butir penting dari dua buku pengayaan berkaitan dengan bidang pekerjaan (nonfiksi) yang dibaca
3.27 Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
3.28 Mendeskripsikan informasi penting yang ada dalam proposal aktivitas atau penelitian berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.29 Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.30 Menganalisis informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca
3.31 Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.32 Membandingkan isi aneka macam resensi berkaitan dengan bidang pekerjaan untuk menemukan sistematika sebuah resensi
3.33 Menganalisis kebahasaan resensi dalam kumpulan cerpen atau novel setidaknya dua karya yang berbeda
3.34 Menganalisis alur cerita, babak demi babak, dan konflik dalam drama yang dibaca atau ditonton
3.35 Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton
3.36 Menganalisis pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca
3.37 Mendeskripsikan isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca
3.38 Menganalisis unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
3.39 Menganalisis informasi, yang meliputi orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam dongeng sejarah verbal atau tulis
3.40 Menganalisis kebahasaan dongeng atau novel sejarah
3.41 Mendeskripsikan informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.42 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.43 Meskor isi dua buku fiksi (kumpulan dongeng pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
3.44 Menganalisis isi teks iklan sesuai bidang pekerjaan
3.45 Menganalisis struktur dan ciri kebahasaan teks iklan sesuai bidang pekerjaan
3.46 Mengpenilaian informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca
3.47 Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.48 Mendeskripsikan isi dan sistematika surat dinas berkaitan dengan bidang pekerjaan
3.49 Menganalisis unsur kebahasaan surat dinas yang sesuai bidang pekerjaan
3.50 Menganalisis skor-skor yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)
KI KD BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah kejuruan K13 KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Melaksanakan kiprah spesifik dengan memakai alat, informasi, dan mekanisme kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan problem sesuai dengan bidang kajian bahasa Indonesia.Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan baku kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara akibattif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak ahli, mengakibatkan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
4.1 Menyajikan isi teks (intisari) laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan menurut interpretasi baik secara verbal maupun tulis
4.2 Mengonstruksikan teks laporan observasi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik verbal maupun tulis
4.3 Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara verbal dan/tulis
4.4 Mengonstruksikan teks eksposisi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan
4.5 Mengonstruksi arti tersirat dalam sebuah teks anekdot baik verbal maupun tulis
4.6 Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik verbal maupun tulis.
4.7 Menceritakan kembali isi dongeng rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca
4.8 Mengembangkan dongeng rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan skor-skor
4.9 Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca
4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan epilog dalam teks perundingan berkaitan dengan bidang pekerjaan secara verbal atau tulis
4.11 Mengonstruksikan teks perundingan berkaitan dengan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan
4.12 Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat berkaitan dengan bidang pekerjaan secara verbal untuk mengatakan esensi dari debat
4.13 Mengembangkan permasalahan/ gosip dari aneka macam sudut pandang yang dikompliti argumen dalam berdebat berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.14 Menyajikan hal-hal yang sanggup diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca secara tertulis
4.15 Membuat teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan baik verbal maupun tulis
4.16 Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)
4.17 Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan)
4.18 Menyajikan replikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi
4.19 Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme berkaitan bidang pekerjaan dengan organisasi yang sempurna secara verbal dan tulis
4.20 Mengembangkan teks mekanisme berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan
4.21 Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara verbal dan tulis
4.22 Memproduksi teks eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara verbal atau tulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
4.23 Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan faktual sebagai materi untuk disajikan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.24 Mengonstruksi ceramah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan memakai struktur yang tepat
4.25 Menyajikan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.26 Menyajikan persamaan dan perbedaan isi dua buku pengayaan berkaitan dengan bidang pekerjaan (nonfiksi) yang dibaca
4.27 Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
4.28 Mekompliti informasi dalam proposal berkaitan dengan bidang pekerjaan supaya lebih akibattif
4.29 Merancang sebuah proposal karya ilmiah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan
4.30 Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.31 Mengonstruksi sebuah karya ilmiah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan
4.32 Menyajikan isi sebuah resensi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi
4.33 Mengkonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan dongeng pendek atau novel yang sudah dibaca
4.34 Mempertunjukkan salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau ditonton secara lisan
4.35 Mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan
4.36 Menyusun ulasan terhadap pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dikaitkan dengan situasi kekinian
4.37 Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara verbal maupun tulis
4.38 Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan
4.39 Mengonstruksi skor-skor dari informasi dongeng sejarah dalam sebuah teks eksplanasi
4.40 Menulis dongeng sejarah pribadi dengan memerhatikan kebahasaan
4.41 Menyeleksi ragam informasi sebagai materi teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan baik secara verbal maupun tulis
4.42 Merancang teks editorial berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara verbal maupun tulis
4.43 Menyusun laporan hasil diskusi buku wacana satu topik baik secara verbal maupun tulis
4.44 Mengonstruksi arti dan tujuan isi teks iklan sesuai bidang pekerjaan
4.45 Menyusun teks iklan sesuai bidang pekerjaan dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara verbal maupun tulis
4.46 Menyusun opini dalam bentuk artikel berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.47 Mengonstruksi sebuah artikel berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan
4.48 Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat dinas berkaitan dengan bidang pekerjaan baik secara verbal maupun tulis
4.49 Menyusun surat dinas yang berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan
4.50 Menulis refleksi wacana skor-skor yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)
KEPUTUSAN DIRJEN NOMOR 330/D.D5/KEP/KR/2017
Dasar aturan wacana KI KD Kurikulum 2013 revisi ini mengacu pada keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah menyerupai yang kami lampirkan diberikut ini. Adapun kompetensi keahlian yang kami gunakan sebagai dasar adalah kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Kami pikir tidak ada masalah, sebab KI KD PPKN Sekolah Menengah kejuruan itu sama di tiruana jurusan.
Link : Download Free KI KD Bahasa Indonesia Sekolah Menengah kejuruan K13 (Dirjen Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017)
Demikian artikel wacana daftar kompetensi inti dan kompetensi dasar Kurikulum 2013 revisi, mata pelajaran bahasa Indonesia Sekolah Menengah kejuruan Kelas X, XI, dan XII. Jika anda tidak puas, atau ingin mendownload artikel ini, sanggup melalui link yang telah disediakan.
Advertisement