'/> Ki Kd Bahasa Inggris Smk Kurikulum 2013 Revisi (2018) -->

Info Populer 2022

Ki Kd Bahasa Inggris Smk Kurikulum 2013 Revisi (2018)

Ki Kd Bahasa Inggris Smk Kurikulum 2013 Revisi (2018)
Ki Kd Bahasa Inggris Smk Kurikulum 2013 Revisi (2018)
Daftar KI KD pelajaran bahasa inggris SMK/MAK Kurikulum 2013 K13 Revisi terbaru. Kurikulum 2013 revisi memdiberikan banyak perubahan khususnya pada struktur kurikulum mata pelajaran bahasa inggris SMK. Selain jam pembelajaran yang berkurang perminggu, perubahan lain juga terlihat bagaimana pemerintah menyusun KI KD Bahasa Inggris.

Jika pada KTSP, kompetensi bahasa inggris hanya seputar “Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Novice, Level Elementary, dan Level Novice”, nah untuk kompetensi dasar bahasa inggris secara “tulisan” berubah sekali. Meskipun secara materi tidak begitu banyak berubah. Namun, sesuai dengan konsep kurikulum 2013, bahwa penitikberatan pembelajaran tidak hanya mengacu pada aspek kognitif saja, melainkan sikap (spiritual dan sosial) yaitu yang utama. Istilahnya, buat apa siswa itu cendekia tetapi tidak bisa menghargai orang lain.

Dasar Hukum KI KD Bahasa Inggris SMK
Kembali pada pokok bahsan kita yaitu ihwal KI KD bahasa inggris SMK. Dasar aturan atau peraturan ihwal KI KD Bahasa Inggris Sekolah Menengah kejuruan K13 ini yaitu Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017 ihwal Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3). Peraturan ini ditetapkan mulai pada tanggal 9 Juni 2017 oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah yaitu hamid Muhammad. Peraturan tersebut sanggup anda unduh di web resmi ditpsmk, yaitu https://psmk.kemdikbud.go.id, atau anda sanggup lihat pribadi pada tamat artikel.

KI KD pelajaran bahasa inggris SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi

Tujuan kurikulum meliputi empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi  sikap  spiritual,  (2)  sikap  sosial,  (3)  pengetahuan,  dan  (4) keterampilan.  Aspek-aspek  kompetensi  tersebut  dicapai  melalui  proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan  kompetensi  sikap  spiritual  yaitu,  “Menghayati  dan mengamalkan  ajaran  agama  yang  dianutnya”.  Sedangkan  rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin,  santun,  peduli  (gotong  royong,  kerja  sama,  toleran,  damai), bertanggung-jawaban,  responsif,  dan  proaktif  melalui  keteladanan,  pemdiberian nasihat,  penguatan,  pembiasaan,  dan  pengkondisian  secara berkesinambungan serta memperlihatkan sikap sebagai kepingan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam diberinteraksi secara akibattif dengan lingkungan sosial  dan  alam  serta  dalam  menempatkan  diri  sebagai  cerminan  bangsa dalam  pergaulan  dunia”.  Kedua  kompetensi  tersebut  dicapai  melalui pembelajaran  tidak  langsung  (indirect  teaching)  yaitu  keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.

Penumbuhan  dan  pengembangan  kompetensi  sikap  dilakukan sepanjang  proses  pembelajaran  berlangsung,  dan  dapat  digunakan  sebagai pertidak seimbangan  guru  dalam  mengembangkan  karakter  peserta  didik  lebih lanjut.

Setidaknya ada 32 KI KD bahasa inggris yang harus dipelajari atau dituntaskan selama 3 tahun pembelajaran SMK. Jadi, KI KD ini dibagi 3, yaitu kelas 10, 11, dan 12. Pembagian KI KD tersebut diserahkan kepada sekolah atau dalam hal ini guru. Ya menyesuaikan dengan jadwal dan kebijakan sekolah. Jika masih kesusahan, sanggup dikonsultasikan pada lembaga MGMP mata pelajaran Bahasa ingggris. Dengan demikian, kurikulum 2013 tidak terkesan kaku.

KI KD Bahasa Inggris Sekolah Menengah kejuruan K13 Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)

Mata pelajaran bahasa inggris yaitu salah satu pelajaran yang tidak mengajarkan KI 1 dan KI 2 secara langsung, namun secara tidak langsung. Jadi, jangan mentang-mentang tidak ada kompetensi spiritual dan sosial, guru hanya menekankan pada aspek pengetahuan dan keterampilan saja. Berikut ini merupakan KI KD bahasa inggris KI pengetahuan.

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengpenilaian ihwal pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Bahasa Inggris pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai kepingan dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI DASAR
3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional verbal dan tulis yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait jati diri dan korelasi keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive)
3.2 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal verbal dan tulis yang melibatkan tindakan memdiberikan ucapan selamat bersayap (extended), dan responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional verbal dan tulis yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait niat melaksanakan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan be going to, would like to)
3.4 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif verbal dan tulis dengan memdiberi dan meminta informasi pendek dan sederhana terkait orang, benda dan kawasan sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.5 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pemdiberitahuan (announcement), dengan memdiberi dan meminta informasi terkait acara sekolah/tempat kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.6 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan 4unsur kebahasaan teks interaksi transaksional verbal dan tulis yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/ insiden yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan simple past tense vs present perfect tense)
3.7 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks recount verbal dan tulis dengan memdiberi dan meminta informasi terkait peristiwa/pengalaman sesuai dengan konteks penggunaannya
3.8 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif verbal dan tulis dengan memdiberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.9 Menganalisis fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk memo, menu, schedule dan signs dengan memdiberi dan meminta informasi terkait acara sekolah atau kawasan kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
3.10 Menerapkan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional verbal dan tulis yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait perbandingan kata sifat sesuai dengan bidang keahlian dan konteks penggunaannya.
3.11 Menganalisis fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional verbal dan tulis yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi ihwal petunjuk arah (direction) sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
3.12 Menganalisis fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait kegiatan/tugas-tugas rutin sederhana (simple routine tasks) sesuai dengan konteks penggunaan di dunia kerja.
3.13 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional verbal dan tulis yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan should, can)
3.14 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional verbal dan tulis yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan I think, I suppose, in my opinion)
3.15 Menerapkan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait pesan sederhana lewat telephone (taking simple phone message) sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja
3.16 Menganalisis fungsi 6sosial, struktur teks, dan 6unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk ajakan resmi dengan memdiberi dan meminta informasi terkait acara sekolah/tempat kerja sesuai dengan konteks penggunaannya
3.17 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk surat pribadi dengan memdiberi dan mendapatkan informasi terkait acara diri sendiri dan orang sekitarnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.18 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks mekanisme verbal dan tulis dengan memdiberi dan meminta informasi terkait manual penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), pendek dan sederhana, sesuai dengan bidang keahlian dan konteks penggunaannya
3.19 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional verbal dan tulis yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/ insiden tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan passive voice)
3.20 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan ihwal pengandaian bila terjadi suatu keadaan/ kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.21 Menganalisis struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks factual report dengan menyatakan dan menanyakan ihwal teks ilmiah faktual ihwal orang, binatang, benda, tanda-tanda dan insiden alam dan sosial, sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain
3.22 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks eksposisi analitis verbal dan tulis dengan memdiberi dan meminta informasi terkait isu aktual, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.23 Menganalisis fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks biografi tokoh sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.24 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional verbal dan tulis yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait korelasi alasannya akibat, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan because of ..., due to ..., thanks to ...)
3.25 Menganalisis fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait penulisan laporan sederhana.
3.26 Menganalisis fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait penyajian laporan secara verbal (report presentation)
3.27 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal verbal dan tulis yang melibatkan tindakan mengatakan jasa, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan May I help you? What can I do for you? What if ...?)
3.28 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk surat lamaran kerja, dengan memdiberi dan meminta informasi terkait jati diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.29 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional verbal yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait jati diri dalam konteks pekerjaan (wawancara pekerjaan)
3.30 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan ihwal keharusan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.31 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks news item verbal dan tulis dengan memdiberi dan meminta informasi terkait diberita sederhana dari koran/radio/TV, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.32 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional verbal dan tulis yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah/saran, sesuai dengan bidang keahlian dan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan if dengan imperative, can, should)

Daftar KI KD pelajaran bahasa inggris Sekolah Menengah kejuruan KI KD Bahasa Inggris Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Revisi (2018)

KI KD Bahasa Inggris Sekolah Menengah kejuruan K13 Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)

Kompetensi selanjutnya yang harus dipelajari yaitu kompetensi keterampilan. Jumlah kompetensi keterampilan pada mata pelajaran bahasa inggris yang sama dengan kompetensi pengetahuan membuktikan bahwa kompetensi pengetahuan dan keterampilan harus diajarkan secara terpadu.

4. Melaksanakan kiprah spesifik dengan memakai alat, informasi, dan mekanisme kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan duduk masalah sesuai dengan bidang kajian Bahasa Inggris.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan baku kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara akibattif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melaksanakan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak ahli, mengakibatkan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melaksanakan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR
4.1 Menyusun teks interaksi transaksional verbal dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks penggunaannya.
4.2 Menyusun teks interaksi interpersonal verbal dan tulis sederhana yang melibatkan tindakan memdiberikan ucapan selamat bersayap (extended), dan responnya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.3 Menyusun teks interaksi transaksional verbal dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait niat melaksanakan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks penggunaannya.
4.4 Menyusun teks deskriptif verbal dan tulis, pendek dan sederhana, terkait orang, benda dan tempat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
4.5 Menyusun teks khusus dalam bentuk pemdiberitahuan (announcement), verbal dan tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
4.6 Menyusun teks interaksi transaksional, verbal dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan unsur dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/ insiden yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.7 Menyusun teks recount verbal dan tulis, pendek dan sederhana, terkait peristiwa/pengalaman, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
4.8 Menyajikan teks naratif pendek dan sederhana terkait legenda rakyat secara verbal dan tulis dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai konteks
4.9 Menyusun teks khusus dalam bentuk memo, menu, jadwal dan tanda-tanda (signs) verbal dan tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai konteks.
4.10 Menyusun teks interaksi transaksional verbal dan tulis yang melibatkan tindakan member dan meminta informasi terkait perbandingan kata sifat dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.11 Menyusun teks interaksi transaksional verbal dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi ihwal petunjuk arah (direction) dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks di dunia kerja.
4.12 Menyusun teks interaksi transaksional verbal dan tulis, pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait kegiatan/tugas-tugas rutin sederhana (simple routine tasks) dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks dunia kerja.
4.13 Menyusun teks interaksi transaksional, verbal dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.14 Menyusun teks interaksi transaksional, verbal dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait pendapat dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.15 Menuliskan kembali teks pesan sederhana lewat telephone terkait kawasan kerja dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai konteks dunia kerja
4.16 Menyusun teks khusus dalam bentuk ajakan resmi verbal dan tulis, terkait acara sekolah/tempat kerja, dengan memperhatikan fungsi 6nsure, struktur teks, dan 6unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
4.17 Menyusun teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkait acara diri sendiri dan orang sekitarnya, verbal dan tulis, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
4.18 Menyusun teks prosedur, verbal dan tulis, dalam bentuk manual terkait penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
4.19 Menyusun teks interaksi transaksional verbal dan tulis yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.20 Menyusun teks verbal dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan ihwal pengandaian bila terjadi suatu keadaan/ kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.21 Menyusun teks ilmiah faktual (factual report), verbal dan tulis, sederhana, ihwal orang, binatang, benda, tanda-tanda dan insiden alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran lain
4.22 Menyusun teks eksposisi analitis tulis, terkait isu aktual, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
4.23 Menyusun teks biografi tokoh verbal dan tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.24 Menyusun teks interaksi transaksional verbal dan tulis yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait korelasi alasannya akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.25 Menyusun teks interaksi transaksional tulis yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait penulisan laporan sederhana dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
4.26 Menyusun teks interaksi transaksional verbal yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait penyajian laporan dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
4.27 Menyusun teks interaksi interpersonal verbal dan tulis sederhana yang melibatkan tindakan mengatakan jasa, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.28 Menyusun teks khusus surat lamaran kerja, yang memdiberikan informasi antara lain jati diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
4.29 Menyusun teks interaksi transaksional verbal yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait jati diri dalam konteks pekerjaan (wawancara pekerjaan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks penggunaannya di dunia kerja.
4.30 Menyusun teks verbal dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan ihwal keharusan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.31 Menangkap arti secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks news items verbal dan tulis, dalam bentuk diberita sederhana koran/radio/TV
4.32 Menyusun teks interaksi transaksional verbal dan tulis yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah/saran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

KEPUTUSAN DIRJEN NOMOR 330/D.D5/KEP/KR/2017
Sesuai dengan apa yang kami sampaikan di atas, bahwa KI KD mata pelajaran bahasa inggris Kurikulum 2013 revisi ini kami bagikan menurut keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah yang terbaru. Berikut ini merupakan salinan SK Dirjen ihwal KI KD Bahasa Inggris salah satu kompetenti keahlian SMK/MAK. Jika anda ingin membuka KI KD kompetensi keahlian yang berbeda, silahkan kunjungi : https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/2505/kompetensi-inti-dan-kompetensi-dasar-ki-kd-smkmak


Link : Download Free KI KD Bahasa Inggris Sekolah Menengah kejuruan K13 (Dirjen Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017)

Demikian artikel ihwal daftar kompetensi inti dan kompetensi dasar Bahasa Inggris Kurikulum 2013 revisi kelas X, XI, dan XII. Jika anda tidak puas, atau ingin mendownload artikel ini, sanggup melalui link yang telah disediakan.
Advertisement

Iklan Sidebar