'/> 33 Ki Kd Mata Pelajaran Pai Smk Kurikulum 2013 Revisi (2018) -->

Info Populer 2022

33 Ki Kd Mata Pelajaran Pai Smk Kurikulum 2013 Revisi (2018)

33 Ki Kd Mata Pelajaran Pai Smk Kurikulum 2013 Revisi (2018)
33 Ki Kd Mata Pelajaran Pai Smk Kurikulum 2013 Revisi (2018)
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 revisi terbaru. Seperti yang kita ketahui, bahwa kurikulum dibuat oleh pemerintah itu menyesuaikan perkembangan zaman. Untuk tahun 2018 ini, sekolah-sekolah yang ada di Indonesia memakai kurikulum 2013 revisi. Iya, kurikulum ini dicetuskan pada tahun 2013. Namun, seiring perkembangan zaman, kurikulum 2013 (K13) ini direvisi secara terus menerus.

Revisi kurikulum yang terus menerus ini lah yang kadang menciptakan para guru atau tenaga kependidikan merasa kebingungan. Untuk membantu mengatasi kebingunangan yang dirasakan oleh Bapak/Ibu guru di sekolah, sesuai dengan dengan judul artikel di atas, kali ini kami akan membagikan artikel yang membahas ihwal KI dan KD mata pelajaran Sekolah Menengah kejuruan kurikulum 2013 revisi, khususnya pada mata pelajaran PAI SMK.

KI KD PAI Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

KI KD yang kami sampaikain ini mengacu pada dasar aturan yang terbaru ihwal KI KD kurikulum 2013 revisi, yaitu Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017 ihwal Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3). Peraturan ini ditetapkan mulai pada tanggal 9 Juni 2017 oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah yaitu hamid Muhammad. (File ihwal peraturan ini sanggup anda lihat/ download pada simpulan artikel).

Dalam peraturan ihwal KI KD Kurikulum 2013 Revisi tersebut, terdapat perubahan KI KD mata pelajran PAI Sekolah Menengah kejuruan dibandingkan pada tahun sebelumnya. Tujuan kurikulum meliputi empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap  sosial, (3) pengetahuan,  dan  (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai  melalui  proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Penumbuhan  dan  pengembangan  kompetensi  sikap  dilakukan sepanjang  proses  pembelajaran  berlangsung,  dan  dapat  digunakan  sebagai perberat sebelahan  guru  dalam  mengembangkan  karakter  peserta  didik  lebih lanjut. Berikut ini merupakan klarifikasi secara rinci ihwal KI KD PAI Sekolah Menengah kejuruan K13 Revisi terbaru (2018)

KI KD PAI Sekolah Menengah kejuruan KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)

Kompetensi sikap spiritual pada KI KD PAI Sekolah Menengah kejuruan berjumlah 33 kompetensi. Tentu saja, banyaknya kompetensi ini dibagi mulai dari kelas 10, 11, dan 12. Berikut ini kompetensinya :

1. Menghayati dan mengamalkan fatwa agama yang dianutnya.

KOMPETENSI DASAR
1.1 Membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) yaitu perintah agama
1.2 Meyakini bahwa pergaulan bebas dan zina yaitu dihentikan agama
1.3 Meyakini bahwa Allah Maha Mulia, MahaMemmemberikan Rasa Aman, Maha Memelihara, Maha Sempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil, dan Maha Akhir
1.4 Meyakini keberadaan malaikat-malaikat Allah swt.
1.5 Terbiasa berpakaian sesuai dengan syariat Islam
1.6 Meyakini bahwa jujur yaitu fatwa pokok agama
1.7 Meyakini bahwa menuntut ilmu yaitu perintah Allah dan Rasul-Nya
1.8 Meyakini al-Qur’an, Hadis dan ijtihad sebagai sumber aturan Islam
1.9 Meyakini bahwa haji, zakat dan wakaf yaitu perintah Allah sanggup memmemberikan kemaslahatan bagi individu dan masyarakat
1.10 Meyakini kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah
1.11 Meyakini kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah
1.12 Terbiasa membaca al- Qur’an dengan meyakini bahwa taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja sebagai perintah agama
1.13 Meyakini bahwa agama mengajarkan toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
1.14 Meyakini adanya kitab- kitab suci Allah swt.
1.15 Meyakini adanya rasul- rasul Allah swt.
1.16 Meyakini bahwa Islam mengharus-kan umatnya untuk mempunyai sifat syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran
1.17 Meyakini bahwa hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai kewajiban agama
1.18 Menerapkan penyelenggaraan mayat sesuai dengan ketentuan syariat Islam
1.19 Menerapkan ketentuan khutbah, tablig, dan dakwah di masyarakat sesuai dengan syariat Islam
1.20 Menerapkan prinsip ekonomi dan muamalah sesuai dengan ketentuan syariat Islam
1.21 Mengakui bahwa penilaian-penilaian Islam sanggup mendorong kemajuan perkembangan Islam pada masa kejayaan
1.22 Mempertahankan keyakinan yang benar sesuai fatwa Islam dalam sejarah peradaban Islam pada masa modern
1.23 Terbiasa membaca al- Qur’an sebagai pengamalan dengan meyakini bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk berpikir kritis dan bersikap demokratis
1.24 Meyakini bahwa agama mewajibkan umatnya untuk memberikanbadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia
1.25 Meyakini terjadinya hari akhir
1.26 Meyakini adanya qadha dan qadar Allah swt.
1.27 Meyakini bahwa agama mewajibkan umatnya untuk bekerja keras dan bertanggung tpendapat dalam kehidupan sehari-hari
1.28 Meyakini kebenaran ketentuan terlaksanakan ijab kabul menurut syariat Islam
1.29 Meyakini kebenaran ketentuan waris menurut syariat Islam
1.30 Meyakini kebenaran ketentuan dakwah menurut syariat Islam dalam memajukan perkembangan Islam di Indonesia
1.31 Meyakini kebenaran bahwa dakwah dengan cara damai, Islam diterima oleh masyarakat di Indonesia
1.32 Meyakini bahwa islam yaitu rahmatan lil-‘alamin yang sanggup memajukan peradaban dunia
1.33 Meyakini bahwa kemengundurkan diri an umat Islam di dunia, sebagai bukti penyimpangan dari fatwa Islam yang benar

KI KD PAI Sekolah Menengah kejuruan KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SOSIAL)

Kompetensi yang selanjutnya yaitu kompetensi sikap sosial. Jumlah KI KD PAI sikap sosial mapel PAI Sekolah Menengah kejuruan tidak berbeda dengan sikap spiritual. Hal ini sebab memang antara kompetensi satu dengan kompetensi yang lain saling berhubungan.

2. Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung tpendapat, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-tpendapat, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemmemberikanan nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta memperlihatkan sikap sebagai kepingan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam memberikannteraksi secara dampak dan imbastif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KOMPETENSI DASAR
2.1 Menunjukkan sikap kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah QS al-Anfal (8):72, QS al- Hujurat (49): 10 dan 12 serta Hadis terkait
2.2 Menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina sebagai pengamalan QS al-Isra’ (17): 32, dan QS an-Nur (24): 2, serta Hadis terkait
2.3 Memiliki sikap keluhuran budi; kokoh pendirian, pemmemberikan rasa aman, tawakal dan adil sebagai implementasi pemahaman al-Asmau al- Husna: Al-Karim, Al-Mu’min, Al-Wakil, Al- Matin, Al-Jami’, Al-‘Adl, dan Al-Akhir
2.4 Menunjukkan sikap disiplin, jujur dan bertanggung tpendapat, sebagai implementasi memberikanman kepada malaikat-malaikat Allah swt.
2.5 Menunjukkan sikap berpakaian sesuai dengan syariat Islam
2.6 Menunjukkan sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari
2.7 Memiliki sikap semangat keilmuan sebagai implementasi pemahaman QS at-Taubah (9): 122 dan Hadis terkait
2.8 Menunjukkan sikap tulus dan taat memberikanbadah sebagai implementasi pemahaman terhadap kedudukan al- Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber aturan Islam
2.9 Menunjukkan kepedulian sosial sebagai hikmah dari perintah haji, zakat, dan wakaf
2.10 Bersikap tangguh dan relaberkorban menegakkan kebenaran sebagai ’ibrah dari sejarah taktik dakwah Nabi di Makkah
2.11 Menunjukkan sikap semangatukhuwah dan kerukunan sebagai ibrah dari sejarah taktik dakwah Nabi di Madinah
2.12 Bersikap taat aturan,tanggung tpendapat, kompetitif dalam kebaikan dan kerja keras sebagai implementasi dari pemahaman QS al Maidah (5): 48; QS an-Nisa (4): 59; dan QS at-Taubah (9): 105 serta Hadis yang terkait
2.13 Bersikap toleran, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagai implementasi pemahaman QS Yunus (10): 40-41 dan QS al- Maidah (5): 32, serta Hadis terkait
2.14 Peduli kepada orang lain dengan saling menasihati sebagai cerminan memberikanman kepada kitab-kitab Allah swt.
2.15 Menunjukkan sikap saling menolong sebagai cerminan memberikanman kepada rasul-rasul Allah swt.
2.16 Menunjukkan sikap syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran
2.17 Menunjukkan sikap hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implementasi pemahaman QS al-Isra’ (17): 23 dan Hadis terkait
2.18 Menunjukkan sikap tanggung tpendapat dan kolaborasi dalam penyelenggaraan perawatan mayat di masyarakat
2.19 Menjaga kebersamaan dengan orang lain dengan saling menasihati melalui khutbah, tablig, dan dakwah
2.20 Bekerjasama dalam menegakkan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi sesuai syariat Islam
2.21 Bersikap rukun dan kompetitif dalam kebaikan sebagai implementasi penilaian- evaluasi perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan
2.22 Bersikap rukun dan kompetitif dalam kebaikan sebagai implementasi penilaian- evaluasi sejarah peradaban Islam pada masa modern
2.23 Bersikap kritis dan demokratis sesuai dengan pesan QS Ali Imran (3): 190-191 dan 159, serta Hadis terkait
2.24 Berbuat baik kepada sesama insan sesuai dengan perintah QS Luqman (31): 13-14 dan QS al-Baqarah (2): 83, serta Hadis terkait
2.25 Berperilaku jujur, bertanggung tpendapat, dan adil sesuai dengan keimanan kepada hari akhir
2.26 Bersikap optimis, ikhtiar, dan tawakal sebagai implementasi memberikanman kepada qadha dan qadar Allah swt.
2.27 Berperilaku kerja keras, dan bertanggung tpendapat dalam kehidupan sehari-hari
2.28 Menunjukkan sikap bersatu dan kebersamaan dalam lingkungan masyarakat sebagai implementasi ketentuan ijab kabul dalam Islam
2.29 Peduli kepada orang lain sebagai cerminan terlaksanakan ketentuan waris dalam Islam
2.30 Bersikap moderat dan santun dalam berdakwah dan berbagi fatwa Islam
2.31 Menjunjung tinggi kerukunan dan kedamaian dalam kehidupan sehari-hari
2.32 Menjunjung tinggi penilaian-penilaian Islam rahmatanlil-alamin sebagai pemicu kemajuan peradaban Islam di masa mendatang
2.33 Mewaspadai secara bijaksana terhadap penyimpangan fatwa Islam yang berkembang di masyarakat

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran  33 KI KD Mata Pelajaran PAI Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Revisi (2018)

KI KD PAI Sekolah Menengah kejuruan KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Kompetensi yang selanjutnya yaitu kompetensi inti 3, yaitu kompetensi pengetahuan. Pada kompetensi pengetahuan, KI KD PAI Sekolah Menengah kejuruan antara lain :

3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengmemperbaiki ihwal pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada tingkat teknis, spesifik, detail dan kompleks berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai kepingan dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional dan internasional.

KOMPETENSI DASAR
3.1 Menganalisis QS al-Anfal (8):72, QS al-Hujurat (49): 10 dan 12 serta Hadis ihwal kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
3.2 Menganalisis QS al-Isra’ (17): 32, dan QS an-Nur (24): 2, serta Hadis ihwal larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
3.3 Menganalisis pengertian dan klarifikasi al- Asma’u al-Husna: al- Karim, al-Mu’min, al- Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
3.4 Menganalisis pengertian dan klarifikasi memberikanman kepada malaikat- malaikat Allah swt.
3.5 Menerapkan ketentuan berpakaian sesuai syariat Islam
3.6 Memahami manfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
3.7 Menganalisis kewajiban menuntut ilmu untuk membela agama
3.8 Menganalisis kedudukan al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber aturan Islam
3.9 Menganalisis tata cara ibadah haji, zakat, dan wakaf
3.10 Menganalisis substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah
3.11 Menganalisis strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah
3.12 Menganalisis pengertian dan klarifikasi QS al-Maidah (5): 48; QS an- Nisa (4): 59, dan QS at- Taubah (9): 105, serta Hadis ihwal taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja
3.13 Menganalisis pengertian dan klarifikasi QS Yunus (10): 40-41 dan QS al-Maidah (5): 32, serta Hadis ihwal toleransi, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
3.14 Menganalisis pengertian dan klarifikasi dogma kepada kitab-kitab Allah swt.
3.15 Menganalisis pengertian dan klarifikasi dogma kepada rasul-rasul Allah swt.
3.16 Menganalisis pengertian dan klarifikasi syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran
3.17 Menganalisis sikap hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
3.18 Mengmemperbaiki tata cara perawatan jenazah
3.19 Menganalisis terlaksanakan khutbah, tablig, dan dakwah
3.20 Menganalisis prinsip- prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam
3.21 Menganalisis perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan (Masa Khulafaur Rasyidin – Bani Umayyah)
3.22 Menganalisis perkembangan Islam pada masa modern (1800- sekarang)
3.23 Mengmemperbaiki pengertian dan klarifikasi QS Ali Imran (3): 190-191, dan QS Ali Imran (3): 159, serta Hadis ihwal berpikir kritis dan bersikap demokratis
3.24 Mengmemperbaiki pengertian dan klarifikasi QS Luqman (31): 13-14 dan QS al-Baqarah (2): 83, serta Hadis ihwal kewajibanmemberikanbadah dan bersyukur kepada Allah sertaberbuat baik kepada sesama manusia
3.25 Mengmemperbaiki pengertian dan klarifikasi dogma kepada hari akhir
3.26 Mengmemperbaiki pengertian dan klarifikasi dogma kepada qadha dan qadar
3.27 Mengmemperbaiki sikap bekerja keras dan bertanggung tpendapat dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat
3.28 Mengmemperbaiki ketentuan ijab kabul dalam Islam
3.29 Mengmemperbaiki ketentuan waris dalam Islam
3.30 Mengmemperbaiki taktik dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
3.31 Mengmemperbaiki sejarah perkembangan Islam di Indonesia
3.32 Mengmemperbaiki faktor-faktor kemajuan peradaban Islam di dunia
3.33 Mengmemperbaiki faktor-faktor kemengundurkan diri an peradaban Islam di dunia

KI KD PAI Sekolah Menengah kejuruan KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Kompetensi yang terakhir pada daftar KI KD PAI Sekolah Menengah kejuruan K13 yaitu kompetensi 3 (keterampilan), antara lain :

4.  Melaksanakan kiprah spesifik, dengan memakai alat warta dan mekanisme kerja yang lazim dilakukan serta menuntaskan duduk kasus sederhana sesuai dengan lingkup kajian Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara dampak dan imbastif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif dan solutif dalam ranah abstrak, terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak sangat hebat, mengakibatkan gerak alami, dalam ranah kongkrit terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah.

KOMPETENSI DASAR
4.1.1 Membaca QS al-Anfal (8):72, QS al-Hujurat (49): 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan QS al-Anfal (8:72), QS al- Hujurat (49): 10 dan 12 dengan fasih dan lancar
4.1.3 Menyajikan keterkaitan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan QS al- Anfal (8:72), QS al-Hujurat (49): 10 dan 12, serta Hadis terkait
4.2.1 Membaca QS al-Isra’ (17): 32, dan QS an-Nur (24): 2 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan QS al-Isra’ (17): 32, dan QS an-Nur (24): 2 dengan fasih dan lancar
4.2.3 Menyajikan larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina dengan banyak sekali kekejian (fahisyah) yang ditimbulkannya sesuai pesan QS al-Isra’ (17): 32, dan QS an-Nur (24): 2
4.3 Menyajikan kekerabatan pengertian dan klarifikasi al-Asma’u al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir dengan sikap keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan sikap adil
4.4 Mempresentasikan kekerabatan pengertian dan klarifikasi memberikanman kepada malaikat-malaikat Allah swt dengan sikap teliti, disiplin, dan waspada
4.5 Mempraktikkan tata cara berpakaian sesuai syariat Islam
4.6 Melaksanakan sikap jujur dalam kehidupan sehari- hari.
4.7 Menyajikan kewajiban menuntut ilmu dengan kewajiban membela agama sesuai perintah QS at- Taubah (9): 122 dan Hadis
4.8 Menentukan suatu aturan menurut al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber aturan Islam
4.9 Menyimulasikan tata cara ibadah haji, zakat, dan wakaf
4.10 Menyajikan substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah
4.11 Mempresentasikan dan taktik dengan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah
4.12.1 Membaca QS al-Maidah (5): 48; QS an-Nisa (4): 59, dan QS at-Taubah (9): 105 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijulhuruf
4.12.2 Mendemonstrasikan hafalan QS al-Maidah (5): 48; QS an-Nisa (4): 59, dan QS at- Taubah (9): 105 dengan fasih dan lancar
4.12.3 Menyajikan perintah berkompetisi dalam kebaikan dan kepatuhan terhadap ketentuan Allah sesuai dengan pesan QS al-Maidah (5): 48; QS an-Nisa (4): 59, dan QS at-Taubah (9): 105
4.13.1 Membaca QS Yunus (10): 40-41 dan QS al-Maidah (5): 32 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.13.2 Mendemonstrasikan hafalan QS Yunus (10): 40-41 dan QS al-Maidah (5): 32 dengan fasih dan lancar
4.13.3 Mempresentasikan perintah toleransi dan kerukunan sesuai pesan QS Yunus (10): 40-41 dan menghindari tindak kekerasan sesuai pesan QS Al-Maidah (5): 32
4.14 Mempresentasikan keterkaitan antara memberikanman kepada kitab- kitab suci Allah swt dengan sikap sehari-hari
4.15 Menyajikan kekerabatan antara dogma kepada rasul-rasul Allah swt dengan keteguhan dalam bertauhid, toleransi, ketaatan, dan kecintaan kepada Allah
4.16 Menyajikan pengertian dan klarifikasi syaja’ah (berani membela kebenaran) dan upaya mewujudkan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
4.17 Menyajikan ketauhidan dalam memberikanbadah serta hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sesuai dengan QS al-Isra’ (17): 23 dan Hadis terkait
4.18 Menyimulasikan tata cara perawatan jenazah
4.19 Menyimulasikan tata cara khutbah, tablig, dan dakwah
4.20 Menentukan acara perjuangan sesuai dengan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam
4.21 Menyajikan perkembangan peradaban Islam dan faktor- faktor yang mempengaruhinya pada masa kejayaan (Khulafaur Rasyidin – Bani Umayyah)
4.22.1 Menyajikan perkembangan peradaban Islam pada masa modern (1800-sekarang)
4.22.2 Menyajikan prinsip-prinsip pembaharuan yang sesuai dengan perkembangan peradaban Islam pada masa modern"
4.23.1 Membaca QS Ali Imran (3): 190-191, dan QS Ali Imran (3): 159,; sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul- huruf"
4.23.2 Mendemonstrasikan hafalan QS Ali Imran (3): 190-191, dan QS Ali Imran (3): 159, dengan lancar
4.23.3 Menyajikan sikap kritis dan ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai pesan QS Ali Imran (3): 190-191
4.23.4 Mempresentasikan demokrasi dan sikap tidak memaksakan kehendak sesuai pesan QS Ali Imran (3): 159
4.24.1 Membaca QS Luqman (31): 13- 14 dan QS al-Baqarah (2): 83 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul karakter 4.24.2 Mendemonstrasikan hafalan QS Luqman (31): 13-14 dan QS al-Baqarah (2): 83 dengan lancar
4.24.3 Mempresentasikan kewajiban memberikanbadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik terhadap sesama insan sesuai pesan QS Luqman (31): 13-14 dan QS al- Baqarah (2): 83
4.25 Menyajikan sikap jujur, bertanggung tpendapat, dan adil sebagai perwujudan dogma kepada hari akhir
4.26 Mempresentasikan pengertian dan klarifikasi sikap optimis, ikhtiar, dan tawakkal sebagai perwujudan dogma kepada qadha dan qadar Allah swt.
4.27 Menyajikan sikap bekerja keras, jujur, bertanggung tpendapat, adil, dan toleransi dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat sebagai wujud keimanan
4.28 Menyajikan prosesi ijab kabul dalam Islam
4.29 Menggunakan ketentuan pembagian waris Islam dalam kehidupan
4.30 Menyajikan prinsip-prinsip taktik dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
4.31 Menyajikan penilaian-penilaian keteladanan tokoh-tokoh dalam sejarah perkembangan Islam di Indonesia
4.32 Menyajikan faktor-faktor penentu kemajuan peradaban Islam di dunia
4.33 Menyajikan faktor-faktor penyebab kemengundurkan diri an peradaban Islam di dunia

Untuk lebih jelasnya ihwal KI KD PAI Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Revisi, memberikankut ini kami lampirkan dokumen peraturan yang terbari dari Ditpsmk salah satu jurusan SMK.


Link : Download Gratis KI KD Sekolah Menengah kejuruan (SK Dirjen Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017)

Demikian daftar KI KD PAI Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 (K13) Revisi terbaru tahun 2017/2018. Anda sanggup men download KI KD Kurikulum 2013 di atas pada link yang sudah disediakan.
Advertisement

Iklan Sidebar